Mitra Keluarga Harmonis

Mitra Keluarga (MK) merupakan lembaga sosial yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Pokja 1 TP PKK Kota Yogyakarta di setiap Kemantren di Kota Yogyakarta. Masyarakat dapat mengakses pendampingan dalam mencari solusi atas permasalahan melalui konsultasi maupun rujukan baik di bidang keluarga, kesehatan, pendidikan, kejiwaan (psikologi), sosial, hukum dan ekonomi.

Program Mitra Keluarga bertujuan untuk memberikan dukungan dan pendampingan bagi keluarga dalam memperoleh kesehatan dan kesejahteraan yang optimal. Salah satu persoalan yang belum mendapatkan perhatian yang memadai dari masyarakat adalah kekerasan dalam keluarga diantaranya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Oleh karena itu adanya layanan konsultasi berbasis masyarakat sangat penting untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan.

Kehadiran Mitra Keluarga merupakan salah satu strategi untuk mengantisipasi kasus kekerasan dan diharapkan mampu memberi solusi dalam penyelesaian masalah baik melalui konseling maupun proses rujukan.